betul komponen yang sering mengalami masalah pada mobilnya. Dan tentunya pengemudi memiliki bekal yang cukup untuk memperbaiki mobil, maka ia cenderung lebih tenang dalam mengatasinya, lain halnya dengan pengemudi yang hanya mengerti bagaimana cara mengoperasikan mobil yang bener.
Cara memperbaikai atau memeriksa mesin mobil mati atau mogok
Nah berikut ini yang biasa terjadi masalah atau ngadat yang sering menyebabkan mesin mobil mogok, apa sajakah itu nah simaklah tips berikut.
1. Amankan posisi kendaraan/mobil
Nah jika mobil anda mogok mendadak ditengah jalan, yang pertamakali anda lakukan adalah mendorong mobil anda ketepi jalan, kenapa ini penting, agar mobil anda tidak menggagu lalu lintas di jalan dan juga agar anda tenang dan aman dalam melakukan pemeriksaan ataupun perbaikan dalam mobil anda.
2. Cek intrumen lampu indikator di dashboard
perhatikan informasi seputar kondisi mobil melalui lampu indikator yang terletak pada panel intrumen. Melalui indikator tersebut anda bisa mendapatkan petunjuk mengenai permasalahan yang sedang di hadapi mobil anda. Lihat ketersediaan bahan bakar, temperatur mesin dan daya lisrtik.
Ketika bensin habis, segera cari bahan bakar, dan jika temperatur mesin overheat biarkan dingin mesin kendaraan anda dan jangan anda langsung mengisi radiator dan hati-hati jangan buka tutup rediator ketika panas karena bisa bahaya. Dan jika panel mati, maka kelistrikan harus di cek, seperti daya batre dan sikring.
Apabila terjadi overheat, biarkan dingin dan isi air raditor setelah dingin, kemudian hidupkan mesin jika ada timbul gelembung-gelembung udara yang cukup banyak di air radiator atau bahkan air nyembur ketika mesin di hidupkan pada saat stater, ada baiknya mobil jangan di paksa jalan, namun segera di derek karena itu suatu pertanda cylinder head ada masalah baik sudah melengkung akibat panas atau juga biasanya hanya gasketnya terbakar akibat panas, dan itu harus dibuka cylinder headnya. Apabila semuanya dalam kondisi baik, jangan lupa melihat atau mengecek kipas atau fan radiator apakah berfungsi atau tidak. Jika mati, memaksanya untuk menjalankan mobil dengan kipas radiator tidak berfungsi akan membuat mesin mobil kembali overheat. Jika permasalahan ada pada kelistrikan, maka lanjut untuk memeriksa kelistrikan.
3. Aku atau accu/batre
mobil anda mogok gak kuat starter, mungkin masalahnya ada pada aki. Jika mobil tidak kuat starter mungkin aki lemah, coba anda periksa level ketinggian air aki jika pada aki basah dan periksa kabel
aki. Kabel aki yang longgar atau kotor bisa menyebabkan mesin tidak kuat starter, jika longgar kencangkan dan jika kotor buka dan bersihkan dulu. Cek juga kondisi setrum aki, jika kabel aki juga longgar dapat menyebabkan aki tidak mengisi dan akan membuat aki kurang setrum.
Solusi untuk menghidupkan mobil tidak kuat starter bisa dengan cas aki dulu, di dorong atau di pancing {jumper} menggunakan aki dari mobil yang lain.
4. Sikring
Sikring yang putus atau sekedar longgar juga bisa bikin {ENGINE } Jika putus maka ketika anda putar kunci kontak pada posisi on. panel dashboard mobil anda mogok. Ada salah satu yang bisa bikin mogok adalah sikring yang berhubungan dengan mesin tidak nyala, tentu ini juga dapat membuat mobil tidak bisa starter. meski anda dorong juga tidak bakalan hidup, maka dengan itu cek dulu sikringnya.
5. Pompa bensin dan karbulator
Pompa bahan bakar yang mati juga akan membuat mobil tidak hidup, jika pada pompa rotax dan fuel pump injection akan bisa langsung ketahuan karena pas kunci kontak pada posisi on maka pompa
Jika yang sering terjadi pada karburator banjir, karburator banjir akan membuat busi basah, untuk memperbaiki karburator banjir anda harus bongkar dan bersihkan karburator. Atau coba cara alternatifnya dengan membuang bensin di karburator lewat baut pembuanganya, cara tersebut juga bisa untuk karburator yang tekor akibat kotor. Membekap karburator juga bisa dilakukan jika mobil
6. Busi dan kabel busi
Busi dan kabel busi pastinya hal yang sering pertama terlintas jika mobil anda mogok, memang betul itu juga hal pertama harus anda periksa. Untuk memeriksanya, coba buka semua busi jika kotor
bersihkan dan untuk mengecek busi cek dulu kabelnya, caranya sebagai berikut.
- Dekatkan ujung kabel busi ke massa body atau mesin
- jangan menempel starter mesin dan seharusnya ada loncatan arus
- awas tangan anda jangan terlalu dekat ke ujung busi karena bisa terjadi kejutan listrik
- pastikan kabel busi bagus dan ada setrumnya
Coba jangan dulu memasang busi, masukan aja busi ke padud kabel busi tempelkan ke mesin dan starter, jika ada loncatan yang terfokus berarti busi baik. jika tidak ada sama sekali busi tersebut mati, ganti busi untuk memperbaikinya.
7. Platina
Untuk cek pelatina langkahnya seperti cek kabel busi. Hanya yang di cek bukan dari kabel businya tapi kabel koil yang ke delko atau distributor, Buka tutup delko dan lihat kondisi platina bentol atau tidak juga kerengganganya. Dekatkan kabel yang seperti kabel busi yang dari koil ke distributor starter mesin dan jika ada loncatan arus berarti platina bagus.
8. Koil
Untuk bagian komponen ini jarang terjadi masalah, jika terjadi masalah biasanya hanya terjadi pada kabelnya yang putus atau copot dari soket. Dan jika terjadi kasus koil lemah, gejalanya yang terjadi adalah koil akan mati atau kurang setrumnya jika panas dan akan normal kembali setelah dingin.
9. Dinamo Starter dan pengisian/alternator
Jika mobil gek bisa starter pada hal kondisi aki bagus, kemungkinan masalah terjadi pada dinamo starternya. Coba cek dulu kabel yang ke dinamo starternya mungkin aja ada yang copot, kalau untuk dinamo pengisian, kalua terhadi lampu indikator aki menyala saat mesin nyala maka itu tandanya dinamo tidak mengisi segera perbaiki karena akan membuat mobil mogok saat setrum aki habis.
demikian tips memperbaiki mobil mogok dari gue semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.
1 komentar:
komentarRent Car Malang
ReplyTravel Malang