Nah sekarang gue mau jelaskan cara membongkar dan merakit mesin motor sendiri dengan teratur.
membongkar dan merakit mesin motor sendiri Khusus Honda Tipe Bebek 4 tak
1. siapin alat-alatnya
- kunci-kunci standar seperlunya
- kunci-kunci khusus seperti;tracker magnit &tracker kopling
- bak ukuran kecil sebanyak 3pcs —>fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri,bagian atas,dan bagian tengah-kanan
- bak ukuran sedang sebanyak 4pcs —>fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
- bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
- lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor,dan komponen mesin bila perlu
- balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
- kompresor,buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
- buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
- mesin bagian kiri
- komponennya al;blok magnit,magnit,gear stater,rante stater
- mesin bagian atas
- komponennya al;rante keteng,head cylinder,rocker arm,cam shaft (noken as),klep,piston,blok silinder
- mesin bagian kanan
- komponennya al;blok kopling,kopling primer (otomatis) 1 set,kopling skunder (ganda) 1 set
- mesin bagian tengah
- komponennya al;gigi transmisi,kick stater,kruk as,stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen –komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar,maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih,catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
- gasket kit A ( paking top set )
- gasket kit B ( paking full set )
- oil seal selah
- oil seal operan / persnelling
- oil seal gear
- oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih,karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang,jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
1. siapin alat-alatnya
- kunci-kunci standar seperlunya
- kunci-kunci khusus seperti;tracker magnit &tracker kopling
- bak ukuran kecil sebanyak 3pcs —>fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri,bagian atas,dan bagian tengah-kanan
- bak ukuran sedang sebanyak 4pcs —>fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
- bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
- lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor,dan komponen mesin bila perlu
- balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
- kompresor,buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
- buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
- mesin bagian kiri
- komponennya al;blok magnit,magnit,gear stater,rante stater
- mesin bagian atas
- komponennya al;rante keteng,head cylinder,rocker arm,cam shaft (noken as),klep,piston,blok silinder
- mesin bagian kanan
- komponennya al;blok kopling,kopling primer (otomatis) 1 set,kopling skunder (ganda) 1 set
- mesin bagian tengah
- komponennya al;gigi transmisi,kick stater,kruk as,stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen –komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar,maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih,catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
- gasket kit A ( paking top set )
- gasket kit B ( paking full set )
- oil seal selah
- oil seal operan / persnelling
- oil seal gear
- oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih,karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang,jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
CARA MERAKIT JARI JARI SEPEDA MOTOR
Cara perakitan jari2 sepeda motor, mungkin kalau kita perhatikan memang muda untuk perakitan jari jari sepeda motor tapi kalau dikerjakan orang awam pasti tidak semudah yang diliatnya tapi banyak orang yang tau, kalau jumlah jari jari sepeda motor 36 jari jari,walau jari jari bukan kompenen yang utama tapi itu sangat penting dan juga menentukan keyamanan motor yang anda pakai.
Tapi jangan kwatir karna saya disini akan memberi contoh untuk perakitan jari jari sepeda motor, ini tromol depan Yamaha Jupiter buat digunakan mio juga bisa karna VEGA R Jupiter dan mio kalau tromol depan sama, pastikan kalau jari jari yang kita beli pas untuk tromol yang akan kita pasang,karna tromol
Honda dan Yamaha dan susuki tidak sama jari jarinya yang membedakan panjangnya.
Kalau untuk ini yang akan saya pasang tromol Yamaha, dan keluarkan jari jari yang masih dibungkus tapi jangan gegabah karna jari jari itu walau dengan satu bungkus itu beda ,dan perhatikan jari jari itu bukan dipanjang dan pendeknya karna panjangnya sama,
Tapi liat dibagian lekukan jari jari yang akan kita pasang walau keliatannya sama tapi itu beda ada yang lebih panjang dan pendek dengan lekukan jari jari itu
mungkin sulit untuk membedakan tapi kalau kita perhatikan dengan teliti pasti tau ,
Kalau sudah tau dengan panjang dan pendeknya lekukan itu pisakan ,karna itu juga akan menentukan sulit dan muda untuk dipasang divelg ,
akan saya beri contoh yang lekukanya lebih pendek pasang dulu dari luar kedalam masukan dengan langka tromol satu lubang ,pehatikan gambar diatas,kalau yang lekukannya lebih panjang dari dalam keluar ini tromol Yamaha dan velg TDR dan dengan jari jari yangberukuran 164 langka selanjutnya ke artikel ke 2
Ini langkah selanjutnya jari jari yang lekukanya lebih panjang masukan dari dalam keluar, setelah jari jari terpasang pada tromol dengan benar, selanjutnya pemasangan jari jari yang sudah terpasang pada tromol ke velg ;
velg mempunyai dua sisi lubang atas dan bawah dan lubang tersebut saling berhadapan liat gambar diatas, Langkah pertama ambil jari jari luar lewati tiga lubang searah jarum jam. Akan ketemu jari jari bagian dalam.
Maka silangkan searah jarum jam, maka pasang jari jari ke velg bagian atas lihat pada gambar diatas kalau sudah begini mungkin anda sudah bisa merakit jari jari sepedamotor kita rangkai pertama kita perhatikan gambarnya .
semoga bermanfaan bagi anda.
Tapi jangan kwatir karna saya disini akan memberi contoh untuk perakitan jari jari sepeda motor, ini tromol depan Yamaha Jupiter buat digunakan mio juga bisa karna VEGA R Jupiter dan mio kalau tromol depan sama, pastikan kalau jari jari yang kita beli pas untuk tromol yang akan kita pasang,karna tromol
Honda dan Yamaha dan susuki tidak sama jari jarinya yang membedakan panjangnya.
Kalau untuk ini yang akan saya pasang tromol Yamaha, dan keluarkan jari jari yang masih dibungkus tapi jangan gegabah karna jari jari itu walau dengan satu bungkus itu beda ,dan perhatikan jari jari itu bukan dipanjang dan pendeknya karna panjangnya sama,
Tapi liat dibagian lekukan jari jari yang akan kita pasang walau keliatannya sama tapi itu beda ada yang lebih panjang dan pendek dengan lekukan jari jari itu
mungkin sulit untuk membedakan tapi kalau kita perhatikan dengan teliti pasti tau ,
Kalau sudah tau dengan panjang dan pendeknya lekukan itu pisakan ,karna itu juga akan menentukan sulit dan muda untuk dipasang divelg ,
akan saya beri contoh yang lekukanya lebih pendek pasang dulu dari luar kedalam masukan dengan langka tromol satu lubang ,pehatikan gambar diatas,kalau yang lekukannya lebih panjang dari dalam keluar ini tromol Yamaha dan velg TDR dan dengan jari jari yangberukuran 164 langka selanjutnya ke artikel ke 2
Ini langkah selanjutnya jari jari yang lekukanya lebih panjang masukan dari dalam keluar, setelah jari jari terpasang pada tromol dengan benar, selanjutnya pemasangan jari jari yang sudah terpasang pada tromol ke velg ;
velg mempunyai dua sisi lubang atas dan bawah dan lubang tersebut saling berhadapan liat gambar diatas, Langkah pertama ambil jari jari luar lewati tiga lubang searah jarum jam. Akan ketemu jari jari bagian dalam.
Maka silangkan searah jarum jam, maka pasang jari jari ke velg bagian atas lihat pada gambar diatas kalau sudah begini mungkin anda sudah bisa merakit jari jari sepedamotor kita rangkai pertama kita perhatikan gambarnya .
semoga bermanfaan bagi anda.